Materi Kuliah Manajemen Pemasaran

No Pokok Bahasan Sup Pokok bahasan
1 Pendahuluan –  TIU-  Relevansi

–  Penjelasan Kontrak Pembelajaran

–  Prinsip, dan prosedur Pembelajaran

–  Penjelasan Penugasan

–  Penjelasan Ujian dan penilaian

2 Konsep Dasar Manajemen Pemasaran –  Definisi pemasaran-  Lingkup pemasaran

–  Konsep, trend  dan tugas

pemasaran fundamental

3 Penyusunan Rencana dan Strategi Pemasaran –  Perencanaan strategis perusahaan-  Perencanaan strategis bisnis

–  Merancang Strategi Bisnis

–  Merancang program pemasaran dan

bauran pemasaran

4 Lingkungan Pemasaran –  Lingkungan Mikro Pemasaran
–  Lingkungan Makro Pemasaran
5 Sistem Informasi Pemasaran –  Sistem Informasi Pemasaran

– Sumber data MIS

– Sistem Intelijen Pemasaran

– Riset Pemasaran

6 Perilaku Konsumen –  Perilaku Pasar Konsumen

– Perilaku Pasar Bisnis

7 MidTes
8 Strategi Pemasaran Yang Digerakkan Pelanggan -Segmentasi Pasar

– Penetapan Target Pasar

– Diferensiasi dan Positioning

9 Konsep tentang Produk & Jasa –  Pengelolaan bisnis jasa dan jasa-  Mengembangkan dan menguji produk dan

jasa baru

10 Metode Penetapan Harga –  Metode penetapan harga-  Strategi penetapan harga
11 Market Channel Distribution & Promosi –  Pengelolaan saluran pemasaran-  Periklanan

–  Strategi promosi

12 Memperkenalkan Tawaran Pasar Baru –  Tantangan dalam pengembangan produk baru-  Penataan organisasional

–  Mengelola proses pengembangan:

Gagasan, konsep, strategi, komersialisasi

–  Proses adopsi konsumen

13 Memanfaatkan Pasar Global –  Bersaing secara global-  Keputusan tentang kebijakan pemasaran

luar negeri

–  Efek Negara asal

14 Tugas Besar Manajemen Pemasaran Presentasi business plan dan diskusi kelompok
15 Tugas besar manajemen pemasaran Presentasi bussiness plan dan diskusi kelompok

Daftar Pustaka:

  1. Kotler, P., Keller, Kevin Lane, (2006). Marketing Management, Jilid 1 dan 2, Prentice Hall, New York.
  2. Kotler, P., Armstrong, Gary, (2002). Principles of Marketing, Jilid 1 dan 2, Prentice Hall, New York.
  3. Boyd, H.W., Walker, O.C., and Larreche, J., (2000). Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global . Jilid I. Edisi Kedua. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  4. Boyd, H.W., Walker, O.C., and Larreche, J., (2000). Manajemen Pemasaran, Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global . Jilid I. Edisi Kedua. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  5. Kotler, P., dan Susanto, A.B., (1999). Manajemen Pemasaran di Indonesia. Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
  6. Jain, S.C., (2001). Manajemen Pemasaran Internasional. Jilid I. Ediai Kelima. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: