Rencana dan Strategi Pemasaran

Unsur utama dalam proses manajemen pemasaran adalah rencana dan strategi pemasaran. Perencanaan perusahaan dilakukan di 4 level perusahaan: level korporasi (perusahaan), level unit bisnis, level divisi dan level produk. Perencanaan meliputi perencanaan stratejik dan taktis. Perencanaan stratejik dilakukan di level korporasi dan unit bisnis. Perencanaan stratejik meliputi definisi visi dan misi perusahaan, perencanaan portofolio bisnis, perencanaan sumber daya untuk tiap unit bisnis perusahaan dan perencanaan arah pertumbuhan perusahaan.  Perencanaan stratejik memberikan kerangka utama dalam perencanaan keseluruhan perusahaan. Perencanaan stratejik merupakan arah bagi semua gerak langkah perusahaan. Perencanaan stratejik itu kemudian diterjemahkan ke dalam rencana taktis di level divisi dan level produk. Perencanaan taktis di tingkat divisi dan produk meliputi perencanaan tentang segmentasi, targeting dan positioning serta rencana bauran pemasaran (4P, product, price, place and  promotion strategy) untuk masing-masing divisi/produk.

Contoh Pernyataan Visi dan Misi Perusahaan

Materi presentasi tentang Rencana dan Strategi Pemasaran dapat diklik di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: