Strategi Pemasaran yang Digerakkan Pelanggan

Pada bab ini akan dipelajari tentang tahapan keputusan yang harus dilakukan oleh pemasar dalam menyusun strategi pemasarannya. Tahapan penyusunan strategi pemasaran dapat dibedakan menjadi 4 poin utama: segmentasi, targeting, diferensiasi dan positioning.

Segmentasi adalah proses membagi pasar menjadi kelompok-kelompok kecil, dimana antara kelompok pelanggan satu dengan yang lain mempunyai kebutuhan, karakteristik dan perilaku yang berbeda, sehingga membutuhkan usaha-usaha pemasaran yang berbeda pula.

Targeting atau penentuan pasar sasaran adalah proses mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen untuk dimasuki.

Diferensiasi adalah proses mendiferensiasikan/membedakan penawaran pasar perusahaan dengan penawaran pasar pesaing, sehingga perusahaan mampu menciptakan nilai pelanggan yang lebih unggul.

Positioning adalah pengaturan produk untuk menduduki tempat yang jelas, berbeda dan diinginkan dibandingkan produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran.

strategi pemasaran yang digerakkan pelanggan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: